Cara Mengatasi Tema Xiaomi Redmi Note 2 Bermasalah

Dewasa ini Smartphone Andriod XIAOMI lagi hits-hitsnya, apalagi dengan kemunculan Redmi Note 2. Membawa RAM 2 GB dan prosesor Helio X10 menjadi senjata utama android berbasis OS MIUI ini. Belum tersedianya versi Global membuat para penggemar Gadget (termasuk saya) membeli Smartphone ini dengan versi China melalui penjual dengan garansi Distributor.

themes tema xiaomi error

Akibatnya, MIUI yang disediakan juga tidak resmi dan abal-abal, banyak Gangguan software OS yang tentu dapat terjadi jika membeli Smartphone ini. NAMUNN, jika anda dapat mengatasi nya melalui cara-cara dibawah, Maka REDMI NOTE 2 merupakan Smartphone yang bisa dibilang Terbaik untuk range harga 2.2-.2,4jt pada akhir tahun 2015 ini.

Salah satu permasalahannya ialah, aplikasi bawaan Themes atau Tema Redmi Note 2 tidak berfungsi, memang aplikasi dapat dibuka, namun tidak dapat mengeluarkan gambar, tidak bisa melihat preview (muncul kata could not load preview) dan bahkan tidak bisa mendownload tema.

Cara-cara simple seperti :

-. Clear Cache

-. Clear Data

-. Ganti ROM dengan cara flashing lewat aplikasi Updater bawaan di smartphone xiaomi

juga bisa tidak berfungsi, NAHHH karena ini juga sebagai pengalaman pribadi saya, maka akhirnya saya mencari caranya di internet, stelah cara-cara diatas tidak berfungsi akhirnya saya menemukan cara final. Yaitu Lewat FASTBOOT.

Sebelum saya membagi Cara ini, PERINGATANNYA IALAH : Lakukan cara dibawah ini dengan BAIK, TEPAT, dan BENAR. Segara RESIKO Kerusakan Handphone merukapan diluar tanggung jawab saya sebagai pemberi informasi.

alias DO IT WITH YOUR OWN RISK ( DIWYOR)

Berikut cara-cara yang saya dapat dari teknikit.com :

=======

Cara Mengatasi Redmi Note 2 Bootloop, Hardbrick, Softbrick

Bagi anda pengguna smartphone Xiaomi Redmi Note 2 yang mengalami bootloop/ hardbrick, tandanya ponsel tidak bisa masuk ke sistem hanya stuck di logo Mi atau Android, pastinya ada sedikit kepanikan. Bootloop ini terjadi biasanya ada kesalahan saat update atau flash sistem. Misal anda mau update ROM lewat TWRP maupun lewat Mi Recovery, bisa saja ada kesalahan waktu proses update yang akan mengakibatkan Redmi Note 2 anda bootloop. Selain itu banyak hal yang bisa menjadi faktor yang menyebabkan ponsel bootloop.

Nah, kali ini saya akan berbagi sedikit tutorial tentang cara mengatasi bootloop, hardbrick, softbrick pada ponsel Xiaomi Redmi Note 2. Sebenarnya tutorial ini tidak hanya dikhususkan pada Redmi Note 2, karena pada dasarnya, semua ponsel Xiaomi jika terjadi bootloop maka cara penyelesaiannya adalah flashing ROM melalui fastboot mode. Tentunya cara flashing lewat fastboot ini memerlukan bantuan PC/ komputer. Seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya Cara Mengatasi Bootloop Pada Redmi 1S.

Inti dari cara mengatasi ponsel Xiaomi Redmi Note 2 atau ponsel Xiaomi lain (Redmi 1S, Redmi 2, Redmi Note, Redmi Note 2, Mi4i, dan Xiaomi lainnya), yang terkena bootloop, hardbrick, softbrick, atau apalah namanya, yang tidak bisa masuk ke sistem, hanya stuck di logo Mi atau logo Android saja, adalah dengan cara flashing ulang ROM melalui PC atau flashing ROM lewat fastboot mode.

1. Download Mi PC Suite dahulu di sini >> http://pcsuite.mi.com/ kemudian install di komputer anda

2. Download Mi Flash di sini >> http://obigota.d.miui.com/tools/MiPhone20140509.exe kemudian install di komputer

3. Download ROM Fastboot Redmi Note 2 berikut ini, pilih salah satu mau MIUI 6 Stable atau MIUI 7 Beta, sama saja. Namun yang akan saya contohkan menggunakan MIUI 6 Stable.

MIUI 7 Beta >>http://obigota.d.miui.com/5.9.18/hermes_images_5.9.18_20150826.0000.7_5.0_cn_394eb1f809.tgz

MIUI 6 Stable >>http://obigota.d.miui.com/V6.7.7.0.LHMCNCH/hermes_images_V6.7.7.0.LHMCNCH_20150826.0000.7_5.0_cn_f2ec560c83.tgz

Untuk versi ponsel Xiaomi yang lain bisa anda download ROM Fastboot di sini >> http://en.miui.com/a-234.html

4. File ROM tersebut berekstensi .tgz, ekstrak ROM Fastboot tersebut menggunakan software ekstrak (misal WinRAR) maka akan anda dapatkan sebuah folder bernamahermes_images_V6.7.7.0.LHMCNCH_20150826.0000.7_5.0_cn. Ekstrak di lokasi yang mudah misal di D:\ atau di E:\. Ingat, jangan taruh di dalam folder lagi, cukup langsung di drive D atau E saja.

5. Buka MiFlash.exe biasanya lokasinya ada di C:\Program Files\Xiaomi\MiPhone

6. Klik Browse >> Cari lokasi ROM Fastboot Redmi Note 2 yang telah diekstrak tadi (hermes_images_V6.7.7.0.LHMCNCH_20150826.0000.7_5.0_cn) >> pilih images >> OK

Flashing Redmi Note 2

7. Di samping tombol Browse ada tanda panah, klik >> Advanced

Flash Ulang Redmi Note 2

8. Pada bagian Fastboot script klik Browse >> cari folder hermes_images_5.9.18_20150826.0000.7_5.0_cn >> pilih flash_all.bat >> OK. Ini akan memformat seluruh ponsel termasuk data dan file yang ada di dalamnya (clean install). Untuk setingan yang lain biarkan secara default, jangan diutak atik.

Setting Mi Flash Redmi Note 2

Full Flash Redmi Note 2

9. Matikan ponsel Redmi Note 2 anda dengan cara mencabut baterai kemudian pasang lagi. Dalam keadaan mati, hidupkan ponsel dengan cara menekan tombol Power + tombol Volume bawah secara bersamaan, tekan terus sampai ponsel bergetar dan hidup, jika sudah hidup baru lepaskan kedua tombol, maka ponsel anda akan masuk pada fastboot mode. Gambarnya seperti berikut.

Redmi Note 2 Fastboot Mode

10. Hubungkan ponsel Redmi Note 2 ke komputer menggunakan kabel USB

11. Kembali pada MiFlash, klik Refresh, maka ponsel Redmi Note 2 akan terdeteksi.

Redmi Note 2 Bootloop

12. Setelah itu klik Flash, maka proses flashing Redmi Note 2 akan berlangsung. Tunggu sampai proses selesai

Proses Flashing Redmi Note 2 Bootloop

Flashing Redmi Note 2 Hardbrick Sukses

13. Jika proses flash selesai (komplit) maka ponsel Redmi Note 2 anda akan otomatis melakukan restart. Cabut kabel data yang menghubungkan ponsel ke komputer, kemudian tunggu ponsel Redmi Note 2 anda nyala. Proses ini biasanya memakan waktu agak lama, jadi tunggu saja.

Saat ponsel Xiaomi Redmi Note 2 anda nyala lagi, maka ponsel akan kembali seperti semula saat anda pertama kali beli baru, silahkan lakukan setting yang diperlukan dan jangan lupa untuk install Google Play Store karena ROM Fastboot Redmi Note 2 ini masih versi China, jadi belum ada Play Store. Caranya bisa ikuti tutorial ini >>http://teknikit.com/2015/09/cara-install-google-playstore-xiaomi-redmi-note-2.html

Selamat mencoba!! Sekali Lagi, Do With Your Own Risk!!!

==============

Nah, itu dia caranya kawan🙂 selamat mencoba

2 Tanggapan

  1. Kalo udah pake fastboot, itu sistemnya yg awlnya pake bhsa indo bakalan pake bhasa thailand lgi? Klo iya gmna bsa biar pake bhs indo lg?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: