Cara untuk Mengatasi Cegukan Bayi

Peristiwa cegukan mungkin menjadi hal yang sering terjadi pada bayi, terlebih apabila si kecil habis minum susu atau makan.

Walaupun cegukan sudah menjadi hal biasa, namun bagi orang tua yang mendengar hal tersebut terasa amat mengganggu apalagi jika berlangsung lama.

Nah, bagi Anda para orang tua yang bingung mencari solusinya, simak ulasan berikut :

Cegukan adalah salah satu gerakan refleks dari tubuh dan disertai dengan suara yang khas akibat iritasi dari diafragma. Diafragma memainkan peran utama dalam perjalanan respirasi dan proses metabolisme.

Sebenarnya banyak acara untuk mengatasi dan menghilangkan cegukan pada bayi. Tapi ada satu cara lama yang mungkin digunakan oleh ibu dan nenek kita pada zaman dulu, namun masih cukup efektif yaitu tisu basah, kok bisa?

Caranya, sobek seujung jari tisu lalu basahi dengan ari hangat. Tempelkan di dahi buah hati Anda, tepat di antara kedua matanya, sambil senandungkan, “Ayo berhenti..ayo berhenti.

Mungkin cara ini terkesan aneh dan memang sangat lama sekali. Namun faktanya, tisu basah yang hangat mampu mengalihakn perhatian bayi sehingga konsentrasinya terpecah dari cegukan.

Saat bayi rileks, seluruh organ tubuhnya akan kembali normal dengan sendirinya. Selain itu, hipnosis dan tisu hangat yang ditempelkan di dahi merangsang kimiawi otak anak untuk memproduksi hormon-hormon yang membuatnya menjadi tenang.

source : inilah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: